Minggu, 13 Mei 2012

Download Aplikasi: DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS)

Permasalahan UMKM yang berkaitan dengan sumber daya manusia (human resources), manajemen, funding access, informasi teknologi dan market acces membuat para UMKM umumnya memposisikan diri untuk ”apatis“ dalam membangun simbiosis yang harmonis dengan pihak intermediary
            Salah satu upaya yang dapat diusung dan dikembangkan Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM pada tahun 2008 yang lalu telah menyusun pedoman pengambilan keputusan pengembangan investasi UMKM berbasis teknologi dan sistem informasi, yaitu Decision Support System/DSS yang menjembatani permasalahan dasar UMKM dan kebutuhan pihak intermediary swasta untuk meningkatkan portofolio investasinya.
           Aplikasi DSS dirancang untuk membantu UMKM dalam hal pengambilan keputusan pengembangan investasi, baik dari aspek produksi, pemasaran dan keuangan dalam mengukur tingkat kelayakan sekaligus melihat peluang dan hambatan UMKM dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya.
        Decision Support System (DSS) adalah suatu sistem yang ditujukan untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan. DSS merupakan sistem berbasis model yang terdiri dari prosedur-prosedur dalam pemrosesan data dan pertimbangannya untuk membantu manajer dalam mengambil keputusan. Agar berhasil mencapai tujuannya maka sistem tersebut   harus: (1) sederhana; (2) robust; (3) mudah untuk dikontrol; (4)  mudah beradaptasi; (5) lengkap pada hal-hal penting; (6) mudah berkomunikasi dengannya. Secara  implisit juga berarti bahwa sistem ini harus berbasis komputer dan digunakan sebagai tambahan dari kemampuan penyelesaian masalah dari UKM.
        Tujuan penyusunan DSS adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta ketepatan perhitungan nilai kelayakan investasi, sehingga proses pengambilan keputusan dapat berjalan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih tepat dengan bantuan penggunaan teknologi komputasi. Selain itu juga menemukan dan mengenali berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dalam mengembangkan bisnisnya. 
Manfaat yang diharapkan adalah:
  1. Adanya instrumen perhitungan kelayakan investasi lebih mudah
  2. Menyediakan informasi bagi pelaku usaha dalam penyusunan model investasi
  3. Menyediakan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas yang berminat mengembangkan usaha sejenis
Metode penyusunan DSS dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Melakukan pengolahan dan analisis terhadap data primer dan sekunder
  2. Mengidentifikasi variabel yang dapat dijadikan kriteria untuk perhitungan studi kelayakan  ekonomi dan finansial pengembangan bisnis UMKM yang meliputi: a) Aspek Produksi, meliputi gambaran komoditi, persyaratan teknis produk, proses pengolahan dan penanganannya, b) Aspek Pasar dan Pemasaran, meliputi kondisi permintaan (termasuk pasar ekspor),  penawaran, persaingan, harga, proyeksi permintaan pasar dll, c) Aspek Keuangan, meliputi perhitungan kebutuhan biaya investasi dan kelayakan keuangan; analisa risiko
  3. Analisa Kelayakan: NPV, BEP, VP, IRR, Payback Period, dll.
Software DSS Kelayakan Ekonomi dan Finansial UMKM digunakan untuk menilai kelayakan ekonomi dan finansial usaha UMKM pada sektor perdagangan, pertanian, manufaktur, jasa dan restoran yang mudah dipahami serta user friendly.
Software tersebut dapat dimiliki oleh kalangan UMKM secara gratis (tanpa dipungut bayaran) melalui Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK atau dapat di download pada web www.smecda.com.
Adapun ringkasan output dari aplikasi DSS meliputi beberapa hal sebagai berikut:
  1. PROFIL PERUSAHAAN
  2. KONSEP AWAL
  3. KONDISI PERUSAHAAN
  4. POLA PEMBIAYAAN BANK
  5. KINERJA MARKETING meliputi: Produk, Harga, Distribusi, Market Share, Segmentasi dan Positioning, Tingkat Persaingan, Promosi dan Analisis Kinerja Marketing
  6. KINERJA PRODUKSI meliputi: Lokasi Usaha, Fasilitas Produksi dan Peralatan, Bahan Baku, Tenaga Kerja, Teknologi Usaha, Proses Produksi dan Kapasitas Produksi
  7. KINERJA MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA meliputi: Bentuk Organisasi, Profil Usaha, Kompensasi dan Analisis Kinerja Manajemen dan Sumber Daya Manusia
  8. KINERJA KEUANGAN meliputi tabel-tabel, antara lain: Tabel Biaya Investasi, Jumlah Tenaga Kerja, Biaya Gaji, Perhitungan Hari Modal Kerja, Hasil Budidaya Optimum dan Minimum, Tahapan dalam Proses Budidaya, Perkembangan Jumlah Hasil Budidaya, Estimasi Laporan Neraca, Estimasi Laporan Rugi Laba, Perkembangan Cash Flow, Per-hitungan Break Even Point, Benefit Cost Ratio, Payback Periods, Net Present Value dan Profitability Index
Untuk Download Progam Decision Support System (DSS) bisa Click Disini
Semoga Bermanfaat……
KONTAK KAMI
Info Lebih Lanjut…
Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK
Kementerian Negara Koperasi dan UKM
Jl. M.T. Haryono Kav. 52-53
Jakarta Selatan
Tlp/Fax:  021-7988045
E-Mail: webadmin@Smecda.com

0 komentar:

Posting Komentar